subscribe: Posts | Comments

Puasa

0 comments

Saya belum pernah mendengar kalau awal Ramadhan bisa dimulai (dengan semua sepakat) pada hari yang sama. Setahu saya, dalam penentuan agama ada 3 caranya: ijtihad, ittiba, taqlid. Anda jangan tanya saya apa dan bagaimana itu. Anda lebih pandai katimbang saya. Atau, Anda bisa juga minta penjelasan mbah google tentang itu. Dia hampir tahu semuanya.

Lalu, seandainya saja terus begitu. Misal saja ada 30 tarekat yang memulainya selisih sehari, maka nanti ada 30 kali lebaran. Ini bukan soal sesat, saya hanya suka atmosfir Ramadhan, juga suasana lebaran. Semakin panjang, semakin lama, saya semakin suka. Dan saya yakin, Anda juga suka juga. Bukankah semua amalan dilipatgandakan pahalanya ? Bukankah tidur kita jadi ibadah ? Bahkan bau mulut kita bisa berbau sorga….haah !

Sekarang sudah mulai puasanya. Dan yang  saya lihat selalu hampir sama, dari tahun kemarin, tahun kemarin nya, juga tahun kemarin kemarin nya. Yang khusuk, yang sungguh-sungguh bisa kasat mata dilihat orangnya. Itu-itu juga. Bapak-bapak itu, ibu-ibu itu lagi, anak-anak muda itu juga. Saya memang tidak tahu kedalaman hati mereka. Sebagaimana saya juga tidak tahu orang-orang selain mereka, mungkin ada yang sama sungguh-sungguhnya. Seperti kubilang, itu hanya yang kasat mata.

Selebihnya adalah perlombaan antara masjid melawan mall + tivi + radio. Mau masuk puasa saja mall dan pasar-pasar meningkat pengunjungnya. Meningkat anggaran belanja, meningkat ributnya. Ribut jualan kue puasa, jajan puasa, lawakan puasa, sinetron puasa, ustadz puasa, kolak puasa…komoditas ramadhan, industri ramadhan. Bahkan puasa belum mulai, ada yang sudah menghitung THR-nya.

Sekarang ini setan tidak perlu kerja keras. Mereka bahkan tidak perlu lagi melSayakan provokasi merusak kekhusukan Ramadhan. Mereka sudah kalah lihai dengan manusia. Dan saat ini setan mungkin berkata, “Mereka sesungguhnya tidak mengerti Ramadhan….”.

Hahaha, Saya tahu Anda tidak begitu. Ya sudah, selamat berbuka puasa ya..(ucapanku ini berlaku nanti setiap maghrib, dan kuperpanjang sampai lebaran)


Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.